Cara komunikasi STIFIn (Insting)

komunikasi In

Bagi orang  bermesin kecerdasan lain, In tampak:

  • Pemarah
  • Tidak punya prinsip
  • Setengah setengah
  • Semua mau

Maka cara komunikasi yang efektif,yaitu menggunakan kata kunci: TOLONG,SPONTAN. Kita perlu melakukan hal berikut dalam berkomunikasi.

- Bicara straight the point dengan lembut

Seorang In memiliki respon spontan. Dengan demikian ,agar komunikasinya lebih baik, Satu kata kunci yang perlu dilakukan adalah melakukannya dengan lembut,agar tak menyulut sisi buasnya.

Orang Insting dianugerahi dominasi di otak tengah,yang menurut paul mc lean adalah otak reptilia. Bagaikan reptil,dia menjadi damai bila tak diganggu. Namun,bila diganggu kedamaiannya,dia akan menjadi tipe yang pemarah dan buas.

Insting memiliki karakter mirip seperti reptil. Oleh karena itu,dia adalah tipe yang damai,anteng tetapi dapat menjadi pemarah dan buas.

- Hindari pembahasan yang rumit

Tipe In adalah tipe yang simple,sederhana. Cara berfikirnya tak serumit Thinking dan Intuiting. Cara sosialisasinya tak sekompleks Feeling dan Sensing. Maka segalanya menjadi sederhana ketika berhadapan dengan orang Insting.

Dalam hal komunikasi,sebaiknya segala sesuatu disederhanakan saja. Tak perlu menggunakan bahasa pembukaan atau meberi latar belakang masalah yang berkepanjangan. Langsung saja pada pokok masalahnya.

- Hindari kata bersayap

Berkomunikasi dengan orang Insting yang responsif,sebaiknya menggunakan kalimat yang lugas.kalimat yang mengandung banyak arti atau kata bersayap akan menjadi beban baginya untu mengartikan secara nyata.

- Gunakan lebih sedikit kalimat

Contoh dari seorang ibu yang menasehati anak Insting .

Ibu,terutama memang dianugerahi kosa kata luar biasa banyak. Sering kali,dalam menasehati anak,kalimat ibu berkepanjangan. Bahkan,sering kali,nasihat tersebut lepas dari kontes dasarnya. Hal itu akan bermasalah,terutama jika dilakukan ketika ment-treatment anak Insting.

Seorang Insting lebih membutuhkan aksi dari pada kata maka,alih-alih menasehati anak yang masih main diluar rumah ketika waktu maghrib tiba dengan kalimat seperti “liat gak langitnya sudah gelap. Adzan maghrib sudah dari tadi berkumandang.kok kamu masih saja main di luar,kesambet setan nanti tau rasa lo!!

- Selalu selesaikan kalimat anda

Dalam berkomunikasi dengan orang Insting ,sebaiknya jangan membuatnya bingung,yang menghasilkan kemarahan. Bila anda sedang bercerita atau bicara,sebaiknya tuntas. Dengan demikian,ending nya jelas dapat dia pahami dengan baik

- Tanggapi persis seperti apa yang ia inginkan (tanya harga jawab harga)

Sering kali seorang Insting menjadi mengamuk ,marah besar,karena tak mendapat jawaban atas pertanyaannya. Hal itu biasanya disebabkan orang yang menjawab, pertanyaan seorang Insting merasa perlu menjelaskan panjang lebar agar Seorang Insting mengerti duduk permasalahannya.

Tulisan ini dipublikasikan di Artikel dan kegiatan, Pengetahuan STIFIn dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *