Cara Komunikasi STIFIn (Intuiting)

Komunikasi Intuiting

Bagaimana Komunikasi Dengan Orang Intuiting?

Bagi orang  bermesin kecerdasan lain, Orang intuiting tampak:

  • Tidak teratur dan aneh
  • Tidak realistik
  • Tidak praktis
  • Terlalu berangan-angan
  • Sangat kompleks dan teoretis

Maka,cara komunikasi yang efektif,yaitu menggunakan kata kuci: BAYANGKAN atau KREASI. Seseorang perlu melakukan hal berikut dalam berkomunikasi:

 

  • Bicara Gambaran besar dan implikasi

Dalam berbicara dengan anak intuiting,tak perlu terlalu detail dan berulang-ulang fokuskan pada konsep utam,gambaran besar,dan implikasinya. Misal:

  1. Menjelaskan tentang KONSEP BELAJAR / PEKERJAAN pada orang intuiting,tak seperti sensing yang harus detail sampai pada tahapan belajarnya atau contohnya.
  2. Menjelaskan tentang KONSEP MAKAN

“Setiap hal perlu bahan bakar untuk bergerak ,beraktifitas. Makanan adalah bahan bakar bagi kita untuk hidup.”

  • Bicarakan kemungkinan

Orang intuiting cenderung berfikir secara alternatif,memilih arah yang tak biasa. Misal, bila intuiting disuruh belok kanan,ada kecenderungan dia bertanya “mengapa enggak belok kiri saja?”cara berfikir alternatif itu yang memunculkan berbagai kenungkinan.

Memiliki aneka kemungkinan membuat  intuiting optimis dan kreatif mencari solusi dengan berbagai cara. Bila orang  tak memahami cara berfikir semacam itu,akan menjadi masalah jika orang tersebut berharap perintahnya langsung dieksekusi.

Kalimat berikut dapat pula digunakan untuk menawarkan alternatif pada orang intuiting.

  1. Apa kira-kira yang mungkin terjadi kalau kita ceroboh menggunakan mesin listrik? (biarkan intuiting menjawab dengan segala jawaban kreatifnya)
  2. Apa kira-kira yang terjadi jika kita tidak membereskan pekerjaan ?
  3. Mungkinkah kita hidup sendiri tanpa bantuan orang lain?

 Dan berbagai pertanyaan yang mengunggah aneka kemungkinan lainnya .Setelah itu, ajak dia berdiskusi tentang makna yang terkandung dalam  pertanyaan tersebut sehingga menghasilkan peraturan yang disepakati bersama

  • Gunakan analogi dan metafora

Memahami cara berfikir  intuiting yang tak biasa,yang senang membayangkan,senang menggunakan pilihan yang berbeda dengan orang lain,maka salah satu cara terbaik dalam kumunikasinya adalah menggunakan bahasa pengandaian, menggunakan analogi atau metafora.

  • Gugah imajinasi mereka

Orang intuiting yang produktif adalah  yang difasilitasi imajinasinya,imajinasi yang tumbuh secara natural dikepala mereka akan menjadi produktif bila diarahkan ke jalan yang tepat,atau bahkan dapat jadi sumber keusilan bila tak dipahami dan tak diarahkan.

  • Jangan bebani mereka dengan detail

Orang intuiting adalah orang yang berfikir dengan KONSEP BESAR. Cara pandang mereka helli view,bagaikan melihat pemandangan dari atas helikopter. Dengan demikian yang terlihat adalah GAMBARAN BESAR atas segala hal.

Agar komunikasi semaki efektif,sebaiknya  menghindari pembicaraan urutan teknis dan detail dengan mereka.

Tinggalkan Balasan