Cara Komunikasi STIFIn (Feeling)

pexels-moose-photos

Komunikasi dengan Mesin Kecerdasan Feeling

Bagi orang yang bermesin kecerdasan lain, feeling tampak:

  • Tidak logis
  • Emosional
  • Lemah
  • Histeris
  • Subjektif

Cara berkomunikasi yang efektif dengan seorang feeling adalah menggunakan kata kunci: RASAKAN CINTA atau SAHABAT. Kita perlu melakukan hal berikut dalam berkomunikasi:

 

  • Katakan anda setuju dengannya

Berhubungan dengan Seorang Feeling berarti berhubungan dengan hati. Hati akan mengikuti pada hal yang disuka,dan menjadi musuh dari hal yang tak disuka.

Untuk persetujuan atas sesuatu hal menjadi kunci”nyambungnya” komunikasi dengan Seorang Feeling.

Menyatakan bahwa kita setuju dengannya,membuat dia masuk dalam frekuensi kita dan membuat komunikasi efektif lebih mudah dilakukan.

Sebaliknya mengatakan tak setuju dengannya akan langsung membuatnya membangun benteng pertahanan yang memisahkan dirinya dengan kita. Hatinya akan terluka karena merasa di TOLAK.

  • Hargai usaha dan kontribusi mereka

Urusan hati itu,urusan yang sensitif. Salah dalam menyikapi, jadi repot urusannya.

Maka sekecil apapun usaha kontribusi orang feeling sebaiknya menjadi perhatian untuk mendapat penghargaan. seorang feeling yang santai memang tak serajin sensing. Namun,akan menjadi sangat berdampak ketika kita menghargai setiap usaha dan kontribusi mereka.

  • Kenali legitimasi perasannya

Urusan feeling adalah urusan perasaan,emosi. Maka, agar ia juga belajar berempati, kita sebaiknya mengembangkan empati lebih dini kepadanya.

Sebelum berbicara kepadanya,pastikan kita mengamati kondisi emosinya saat itu. Bicara menggunakan bahasa yang paling tepat sesuai kondisi emosinya.

Bila kondisi emosi dalam keadaan kurang baik,sebaiknya stabilakan terlebih dahulu untuk menetralkan pembicaraan. Misalkan dalam keluarga , Ketika sodara kita lelah pulang kerja ,sebaiknya kita tak membrondongnya dengan berbagai pertanyaan seputar urusan pekerjaan maupun aturan yang mengikuti rutinitas sepulang kerja.

  • Berbicara tntang kepedulian anda

Salah satu hal yang sangat diharapkan oleh seorang feeling adalah DIPERHATIKAN,DIPEDULIKAN,dan DIORANGKAN. Maka, menunjukan rasa peduli dalam komunikasi dengannya akan semakin memudahkan kita menggaet hatinya. Adakalanya seorang feeling terlalu lebay/berlebihan, itu adalah usahanya untuk menarik perhatian dari orang lain disekitarnya, khususnya perhatian dari orang yang spesial baginya

Ketika usaha menarik perhatian ini diabaikan,bentuk cuek menjadi sumber kesakitan baginya.

  • Senyum dan pelihara kontak mata

Bagi Seorang feeling,perubahan ekspresi wajah menjadi sangat krusial. Bentuk penerimaan dan persahabatan adalah senyum kontak mata. Maka,bila kita tak terbiasa untuk tersenyum dan menjaga kontak mata dengannya,kemungkinan besar orang feeling akan sulit menambatkan cintanya pada kita.

  • Ramah dan penuh pertimbangan

Misalkan Pada seorang anak Feeling ,Cara berkomunikasi kita dengan orang lain akan menjadi patokan ia dalam berkomunikasi dengan kita. Apabila kita terbiasa galak,tak ramah dengan orang,jangan berharap anak feeling akan muncul keramahannya pada orang lain. Sementara,indikator anak feeling yang cerdas adalah yang ramah dan penuh perhatian pada orang lain

Tulisan ini dipublikasikan di Artikel dan kegiatan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *