You are currently viewing Kepemimpinan STIFIn

Kepemimpinan STIFIn

Menjadi Pemimpin adalah Pilhan

kepemimpinan

Menjadi pemimpin yang sukses adalah pilihan, bukan kebetulan dan bukan sesuatu yang diperoleh tanpa keinginan dan mimpi, atau tanpa usaha yang sungguh-sungguh. Ketika seseorang diangkat menjadi manajer, supervisor atau foreman, bukan berarti ia langsung memiliki kepemimpinan yang baik dan bisa sukses memimpin di departemen atau di unit kerjanya. Banyak anggapan di antara mereka yang mendapat promosi jabatan . seolah-olah mereka pasti bisa melakukan fungsi kepemimpinan dengan baik, sehingga mereka tidak peduli lagi apakah kepemimpinannya itu efektif dan bisa membuat kinerja anggotanya meningkat. Padahal ketika sesorang menempati posisi yang lebih tinggi, maka kompetensi kerjanya pun telah meningkat dari posisi sebelumnya.

Misalnya, seseorang yang dipromosikan menjadi pengawas pertama atau foreman, ia adalah orang terbaik yang memiliki keahlian dan selama ini menjadi orang yang diandalkan untuk melakukan suatu pekerjaan, seperti operator atau teknisi, atau kalau di office, staff. Selama ini mereka bekerja bersama-sama dan berperilaku bebas seperti rekan kerja lainnya. Ketika dipromosikan menjadi foreman, maka ia harus mulai ambil peran untuk memimpin, berperilaku sebagai model, bekerja lebih semangat, mengawasi pekerjaan anak buah, mengawasi pencapaian target produksi, menekan angka reject produksi, meningkatkan efsiensi material, dan sebagainya. Jika mereka tidak segera beradaptasi dengan kompetensi kerja yang baru, maka tidak saja ia akan gagal sebagai pengawas, tetapi ia akan menjadi cemoohan karyawan yang lain, atau bahkan akan menimbulkan masalah baru di unit kerja tersebut atau malah di tingkat perusahaan.

Sebenarnya menjadi pemimpin tidaklah sulit, asal ada kemauan yang kuat dan mau melakukannya dengan  unggung-sungguh. Konsep kepemimpinan yang telah digunakan dalam pelatihan kepemimpinan  Konsepnya sederhana, Yaitu jika anda ingin jadi pemimpin anda harus tahu dan memahami apa itu kepernimpinan dan bagaimana memimpin atau mengarahkan orang , dan anda harus melakukan apa yang telah anda tahu dan anda pahami tentang kepemimpinan dan bagaimana memimpin orang itu. Meski konsep ini adalah universal untuk menjadi apapun yang diinginkan, akan tetapi pesan yang sangat kuat bahwa menjadi pemimpin yang efektif dan sukses itu harus menjadi keinginan dan pilihan setiap orang. Jika anda tidak menginginkannya, maka kemampuan kepemimpinan anda sebatas apa yang anda ketahui, sebatas apa yang anda pikirkan dan sebatas apa yang anda pernah lakukan sebelumnya

Tinggalkan Balasan